Alamat Sekolah : Jl. Raya Tutur No.14 Nongkojajar
Telepon : (0343) 499603
Faxsimile : (0343) 499123
e-mail : smkntutur_pasuruan@yahoo.co.id
NSS : 32.1.05.19.22.016
SMK NEGERI TUTUR
1) Kebersamaan adalah nilai yang perlu dikembangkan dalam mencapai dan menentukan tujuan organisasi secara bersama, membagi dan menyelesaikan tugas bersama, mencapai hasil dan menikmati secara bersama. 2) Disiplin. Setiap warga sekolah harus menegakkan disiplin sesuai dengan aturan – aturan yang ada dan yang berlaku. 3) Respection : seluruh warga SMK Negeri Tutur saling hormat menghormati serta menghargai terhadap saran, karya cipta, rasa dan karsa sesama warga SMK. 4)Trasnparansi Adanya keterbukaan dalam pengambilan keputusan (kebijakan) dan hubungan antar sesama warga sekolah. 5) Integritas : seluruh warga SMK Negeri Tutur menanamkan rasa hormat kepada sesama warga SMK baik intern maupun ekstern (stake holder). 6) Inovative : seluruh warga SMK Negeri Tutur secara individual atau kelompok mau dan mampu mengadakan pembaharuan sesuai dengan tuntutan IPTEK. 7) Keunggulan : seluruh warga SMK Negeri Tutur mempunyai keyakinan untuk selalu melakukan dan menghasilkan yang terbaik. 8) Sense of belonging : seluruh warga SMK Negeri Tutur menanamkan budaya rasa memiliki yang dimiliki sekolah. 9) Pelayanan prima : seluruh warga SMK Negeri Tutur selalu siap memberikan pelayanan prima, cepat, tepat, efisien kepada seluruh pelanggan baik internal maupun eksternal.
Dalam penyelenggaraan pendidikan ada sekolah-sekolah kejuruan harus selalu ditingkatkan penyesuaian mengenai isi pendidikan (kurikulum), sistem, metode, sarana belajar, kemampuan profesional guru dan sebagainya, sehingga sekolah mampu memenuhi kebutuhan dunia usaha atau dunia industri. Dewasa ini tidak sedikit lulusan sekolah, bahkan lulusan perguruan tinggi yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Masalah ini disebabkan terbatasnya lapangan kerja dan juga karena kualitas dan relevansi lulusan sekolah yang masih rendah. Lulusan sekolah kejuruan cukup banyak yang jadi pengangguran, terutama mereka yang tidak berprestasi dan tidak mampu sosial ekonominya untuk meneruskan studi ke perguruan tinggi. Akibat rendahnya kualitas prestasi belajar lulusan sekolah, mereka mengalami kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan pada instansi pemerintah dan dunia usaha/industri. Sehubungan dengan masalah itu, John Oxenham (1984) secara tegas mengatakan bahwa apabila lulusan suatu sekolah tidak dapat dipekerjakan atau memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan jenis dan tingkat pendidikan yang dimilikinya, sekolah atau guru-guru dianggap tidak berhasil dengan tugasnya. Hal ini berarti sekolah dianggap tidak mampu memenuhi kebutuhan masyarakat atau dunia kerja. Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan kejuruan adalah peningkatan keterkaitan dan keterpaduan (link and match) dalam implementasi Pendidikan Sistem Ganda (PSG). Dalam hal ini, guru-guru yang terlibat secara langsung dalam pelaksanaan On Job Training (OJT) harus benar-benar mempunyai persepsi yang sama dan benar tentang implementasi PSG tersebut. Djapri Basri (1983) mengatakan, persepsi (perception) adalah kemampuan individu untuk mengamati atau mengenal perangsang (stimulus) sesuatu hingga berkesan menjadi pemahaman, pengetahuan, sikap dan tanggapan-tanggapan. Dalam persepsi itu ada hubungan antara pengamatan dan perangsang, yang mana hubungan antara keduanya harus ada kesesuaian. Yang dimaksud dengan persepsi guru dalam penelitian ini adalah kemampuan guru untuk mengenal dan memahami secara tepat dan benar terhadap implementasi program PSG.
Undang-Undang No. 2 Tahun 1989 menyatakan bahwa Pendidikan Nasional merupakan suatu sistem pendidikan terpadu yang mencakup semua jenis, satuan, jalur, jenjang, dan kegiatan pendidikan yang bekaitan satu sama lain, ditata secara sistematis sebagai upaya untuk mencapai tujuan Pendidikan Nasional. Salah satu jenis sekolah lanjutan tingkat atas yang sekarang mendapat perhatian khusus dari pemerintah adalah SMK. Isi pendidikan sekolah kejuruan itu berkaitan langsung dengan proses industrialisasi atau dunia usaha, terutama jika dikaitkan dengan fungsinya sebagai produsen tenaga kerja menengah. Finch, C.R. & John, R.C. (1979) menyatakan perlunya melakukan identifikasi dan seleksi kurikulum, pengembangan materi kurikulum, dan pengembangan paket-paket yang didasarkan atas kompetensi dan pengajaran individual.
Oleh karena itu, dalam pelaksanaan kurikulum SMK yang beorientasi kepada sistem ganda, perlu dilakukan identifikasi dan pemilihan materi pengajaran yang relevan dengan dunia kerja atau dunia industri. Selain itu, harus dilakukan pengembangan materi secara terpadu yang disesuaikan dengan tuntutan dunia usaha atau dunia industri melalui pengembangan paket-paket belajar atau modul. Penerapan kebijaksanaan link and match pada hakikatnya bertujuan untuk meningkatkan relevansi pendidikan dengan kebutuhan lapangan kerja. Hal ini sebagai usaha untuk mencari titik temu antara dunia pendidikan sebagai produsen dan dunia kerja/industri sebagai konsumen. Menurut Pakpahan (1994), tujuan gerakan link and match adalah untuk mendekatkan pemasok (supplier) dengan mutu sumber daya manusia, terutama yang behubungan dengan kualitas ketenagakerjaan.Sedangkan konsep dasar penerapan pendidikan sistem ganda itu sendiri adalah penyelenggaraan pendidikan yang mengintegrasikan secara tersistem kegiatan pendidikan (teori) di sekolah dengan kegiatan pendidikan (praktek) di dunia industri. Berdasarkan uraian latar belakang masalah tersebut di atas, dapat dirumuskan permasalahan penelitian ini sebagai berikut :
1. Apakah ada persamaan persepsi guru-guru terhadap implementasi PSG?
2. Seberapa tinggi tingkat pemahaman guru-guru SMKN terhadap impementasi PSG?
3. Apakah secara keseluruhan pelaksanaan PSG telah berjalan secara efektif?
Para siswa sebelum melakukan on the job training (OJT) banyak disibukkan oleh persiapan-pesiapan teknis administratif, seperti mengurus surat permohonan praktek, mengurus surat izin praktek pada institusi terkait, dan mengurus surat izin dari orang tua. Pada waktu PSG berlangsung, guru-guru memberikan pembekalan mengenai aspek normatif dan adaptif bagi siswa yang belum mendapat giliran praktek PSG. Di samping itu, mereka membimbing dan mengadakan monitoring kepada siswa yang sedang praktek OJT di dunia usaha/industri. Lamanya para siswa melakukan praktek OJT tiap sekolah tidak sama.
Bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan Teknik, pelaksanaan praktek OJT berlangsung selama tiga bulan; sedangkan bagi siswa Sekolah Menengah Kejuan Ekonomi dan SMKK praktek tersebut berlangsung antara 1 – 2 bulan. Ketidakseragaman lamanya praktek OJT disebabkan adanya perbedaan kesediaan pada masing-masing dunia usaha/industri. Selain itu, dalam pelaksanaan PSG nampaknya ada tumpang tindih antara waktu untuk pelajaran normatif dan adaptif dengan waktu praktek OJT. Kegiatan dalam mempersiapkan materi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang sesuai dengan tuntutan dunia usaha/industri kurang mendapat porsi yang cukup. Hanya sebagian kecil guru menyatakan sudah sesuai dan sebagian besar menyatakan kurang sesuai. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain :
1) Belum adanya identifikasi empirik mengenai materi apa sebenarnya yang diharapkan oleh dunia usaha/industri yang harus dikuasai oleh siswa SMK Negeri sebelum melakukan praktek OJT; dan 2) Belum ada buku juklak/juknis tentang apa yang harus dilakukan oleh siswa di sekolah yang akan melakukan praktek OJT dan apa yang harus dilakukan siswa pada awal kedatangannya di dunia usaha/industri.
Mengenai tempat siswa melaksanakan praktek OJT sebagian besar siswa sudah ditentukan oleh Pokja PSG, hanya sebagian terkecil siswa yang mencari sendiri tempat yang sesuai dengan bakat dan kemampuan mereka. Dalam praktek OJT ini nampaknya kurang diperhatikan masalah mutasi siswa untuk memperoleh pengalaman dari berbagai jenis pekerjaan. Siswa hanya memperoleh pengetahuan dan keterampilan dari pekerjaan yang sama. Sebagian besar guru memiliki motivasi dengan kategori sedang terhadap implementasi PSG dan sebagian terbesar siswa memiliki motivasi tinggi. Kelompok siswa yang memiliki motivasi tinggi ini menyadari bahwa pengalaman praktek OJT sangat berharga bagi dirinya untuk masa sekarang dan kehidupan di masa datang. Ada sebagian guru dan siswa yang kurang memiliki motivasi terhadap implementasi PSG.
Hal ini kemungkinan disebabkan terdapat beberapa kendala dalam implementasi PSG, seperti kurangnya keterlibatan dunia usaha/industri dalam pengembangan kurikulum SMK dan belum adanya modul maupun juklak/juknis tentang materi praktek OJT didunia usaha/industri. Selain itu, hal ini juga dikarenakan kurangnya wawasan mereka mengenai jenis pekerjaan pada dunia usaha/industri.Persepsi guru mengenai aktivitas mereka menjelang dan sewaktu implementasi PSG adalah sebagai berikut. Menjelang pelaksanaan OJT, sebagian terbesar guru lebih banyak memberikan penjelasan atau pengarahan tentang arti, tujuan dan manfaat PSG, serta memberitahukan tentang tata tertib dan disiplin kerja sewaktu praktek. Hanya sebagian kecil guru yang menyatakan membekali siswa dengan materi atau jenis keterampilan yang sesuai dengan tuntutan dunia usaha/industri. Kegiatan guru selama siswa praktek adalah melaksanakan KBM di sekolah, terutama dalam aspek normatif dan adaptif dan melakukan monitoring kepada siswa yang sedang praktek PSG Persepsi guru-guru mengenai tingkat kesesuaian pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh melalui pendidikan di sekolah dengan tuntutan dunia usaha/industri adalah bahwa sebagian besar guru menyatakan kurang sesuai atau kurang relevan dan sebagian kecil guru menyatakan sesuai. Yang dikatakan kurang sesuai itu adalah pembekalan pengetahuan dan keterampilan bagi para siswa SMK Ekonomi program studi Akuntansi dan Bisnis, bagi siswa SMK teknik program studi mesin dan listrik dan bagi siswa SMK kesejahteraan keluarga adalah program studi tata boga. Bukti ketidaksesuaian itu juga didukung oleh data dari siswa, sebagian besar siswa pernyataan bahwa materi pengetahuan dan keterampilan yang diberikan di sekolah kurang sesuai dengan tuntutan dunia usaha/industri. Persepsi guru tentang model penyelenggaraan PSG pada tahun ajaran 2000/2001 di SMK Negeri menunjukkan bahwa sebagian besar guru mengatakan menggunakan model kombinasi antara model day release dan model block release. Mengenai sumber belajar dan media pengajaran yang ada di SMK Negeri yang diperlukan bagi implementasi PSG, sebagai besar guru mengatakan masih kurang, terutama pada program studi Tata Boga, Teknik Mesin dan Listrik.
Dari apa yang telah ada pada umumnya belum ada kesamaan persepsi guru SMK Negeri terhadap implementasi PSG. Sebagian besar dari mereka masih kurang memahaminya dengan baik, sehingga mengakibatkan kurang efektifnya implementasi PSG itu sendiri. ada umumnya guru kurang memberikan pembekalan yang cukup kepada siswa mengenai pengetahuan, keterampilan, dan etika kerja yang relevan dengan tuntutan dunia usaha/industri. Oleh karena itu, pelaksanaan OJT kurang efektif dan efisien. Pembekalan materi pengetahuan dan keterampilan kepada para siswa terutama untuk program studi Teknik Mesin dan Listrik, Akuntansi, Pemasaran dan Tata Boga umumnya kurang memadai. Sebagian besar guru memiliki motivasi termasuk kategori sedang atau tidak begitu tinggi terhadap implementasi PSG, akibatnya proses pembimbingan dan monitoring PSG berjalan kurang efektif. Sedangkan sebagian terbesar siswa memiliki motivasi tinggi terhadap implementasi PSG karena mereka menyadari bahwa kegiatan ini merupakan suatu kewajiban yang harus diikuti dan dirasakan sangat bermanfaat. plementasi PSG secara umum mengalami berbagai kendala, yaitu masih ada sebagian dunia usaha/industri yang kurang menyadari keuntungan sistem magang dan implementasi PSG bagi mereka. Bahkan ada yang merasa keberatan dengan adanya siswa praktek OJT di tempat kerja mereka. Selain itu, faktor keterbatasan dana dan sumber-sumber belajar termasuk belum adanya modul atau juklak dari dunia usaha/industri tentang materi pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan implementasi PSG